Home » , » ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik

ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik

Written By Unknown on Minggu, 17 Agustus 2014 | 22.33


Smartphone atau ponsel pintar bukan lagi sekadar alat untuk melakukan panggilan telepon atau berkirim pesan. Ia dapat berfungsi sebagai kamera, perangkat untuk menjelajah internet, sistem navigasi, pusat hiburan, sampai ke penyimpan catatan, jadwal sampai agenda kerja. Di sisi lain, berhubung smartphone juga mendukung gaya hidup, ia juga memiliki desain yang cantik, elegan, dan hadir dengan pilihan warna yang beraneka yang menggambarkan identitas pemiliknya.
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik by Teropong Cyber

ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik
Di Indonesia, khususnya di media sosial, pertanyaan terkait Zenfone dan juga permintaan untuk mengulas smartphone Asus Zenfone sangat banyak untuk itulah kali ini Teropong Cyber me-review tentang Asus Zanfone series Smartphone Android terbaik . Asus Zenfone hadir dengan kemasan yang elegan dan tidak menggambarkan sebuah produk yang dipasarkan di harga yang terjangkau. Boks pembungkus Zenfone dibalut dengan plastic wrap bening, sehingga memudahkan pengguna melihat keterangan spesifikasi dan informasi lain terkait produk ini.

ZenFone – Smartphone Luar Biasa untuk Semua Orang
ZenFone memiliki desain yang indah, material berkualitas tinggi, fungsionalitas ASUS ZenUI yang lengkap untuk menghadirkan kemewahan bagi pengguna. Hadir dalam pilihan layar berukuran 4 sampai 6 inci dan berbagai pilihan warna, pasti ada satu tipe ZenFone yang cocok digunakan oleh setiap orang, apapun kebutuhan dan gaya hidup mereka. Sebagai gambaran, ZenFone telah dilengkapi lapisan Corning® Gorilla® Glass 3 untuk kehandalan dan daya tahan lebih baik terhadap goresan.

ASUS ZenFone 4 - Aktif dan Gaya
Smartphone ZenFone 4 ini menempati posisi paling bontot baik dari segi spesifikasi dan harga dari seri zanfone yang dirilis Asus. Meski demikian spesifikasi yang dimiliki terbilang mumpuni di kelasnya sebut saja RAM 1GB dan layar 4-inci. Asus Zenfone 4 yang dibandrol seharga 1,099 juta rupiah memang cukup bikin ngiler bagi siapa saja yang sedang mencari perangkat Android ekonomis. Beberapa bahkan memunculkan pertanyaan? Seberapa bagus perangkat Android seharga tersebut, apalagi mengusung nama besar Asus yang terkenal punya lini produk jempolan.
ASUS ZenFone 4 by Teropong Cyber
ASUS ZenFone 4

#Desain dan Body ASUS ZenFone 4
Pada Dasarnya ketiga bersaudara Zenfone memiliki konsep desain yang mirip,untuk ZenFone 4, Asus memberikan body yang seluruhnya terbuat dari plastik dan sesuai dengan nama yang digunakan ''Zen'', Zenfone 4 diberikan aksen garis-garis melingkar dibagian bawah tombol kapasitif. Ponsel ini memiliki dimensi yang pas digenggaman 124.4 x 61.4 x 11.5 mm dengan bobot 115 gram. Terlebih sudut yang melengkung dan tekstur bagian belakang yang kesat membuat genggaman tidak licin dan tidak usah takut tergores.

Bagian depan terisi dengan LED notifikasi yang kecil, earpiece, kamera depan, sensor proximity, layar 4-inci, dan tiga buah tombol Android kapasitif tanpa backlight. Bagian belakang terisi dengan kamera utama dan speaker. Untuk keberadaan dua slot microSIM dan microSD harus membuka back cover dahulu. Untungnya dapat dilakukan tanpa harus mencabut baterai. Sisi kiri ponsel terisi dengan tombol lock/power dan volume, sedangkan hanya port microUSB di sisi kanan. Bagian atas terdapat port headset 3.5mm dan bagian bawah terdapat lubang mic.

Biasanya smartphone Android murah nan powerful saat ini menggunakan prosesor MTK atau Qualcomm yang seri lama plus RAM 512MB saja. Tapi ASUS memberikan alternatif lain yaitu prosesor dual-core dari Intel dikombinasikan RAM sebesar ponsel mid-end yakni 1GB. ASUS kali ini terlihat serius dengan mengkostumisasi tampilan dengan  ZenUI  yang memberikan pengalaman informatif dan kemudahan akses. Hal ini sudah terlihat di bagian lockscreen, dimana disediakan jalan pintas ke menu kamera, dial, dan sms. Ditampilkan juga informasi cuaca selain tanggal dan waktu, dan juga agenda harian pengguna. Karena sudah JellyBean 4.3 maka pengguna juga bisa menambahkan widget-widget sesuai pilihan disini.

#Multimedia ZenFone 4
Konten foto dan video dikumpulkan di aplikasi Gallery yang tampilannya sedikit berbeda. Fitur yang ada sebenarnya standar Android, hanya saja ASUS melengkapi dengan kemampuan integrasi dari layanan online/berbasis awan. Meskipun berada di kelas low end namun masalah pemutaran video, Zenfone 4 terbilang handal karena mampu memutar video format MKV hingga 720p dengan lancar, sayang saja tidak ada dukungan subtitle dan untuk format AVI dan WMV harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Asus cukup dikenal sebagai manufaktur perangkat yang tidak pelit memberikan layar berkualitas baik. ASUS Zenfone 4 dibekali dengan bobot 115 gram dengan ketebalan hanya 11.2 mm. Dibagian layar bisa menjadi salah satu andalan  untuk memikat konsumen. 

Smartphone dengan layar 4 inci ini memiliki resolusi WVGA serta kedalaman layar mencapai 233 ppi sudah dibekali lapisan Corning Gorilla Glass 3 dengan tambahan fitur Anti-finger Coating. ZenFone 4 sangat mudah untuk dipersonalisasikan karena cover belakangnya dapat ditukar dengan pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Sky Blue dan Solar Yellow. Zenfone 4 mendukung MicroSD card hingga 64GB sehingga menyediakan tempat yang melimpah untuk menyimpan foto, video, aplikasi, dan lain-lain. 

ASUS ZenFone 5 - Teman Anda Setiap Hari
Simple, Peaceful, Beautiful adalah aspek desain ZenFone 5. ZenFone 5 memiliki dimensi 148,2×72,8×10,3 mm dengan bobot yang cukup ringan, hanya 145 gram. Desain belakang yang melengkung membuatnya seolah-olah terlihat lebih ramping. Layar sentuh kapastif in-plane switching berukuran lima-inci dengan resolusi 1280×720 dan kepadatan pixel 294ppi. Smartphone ini dilindungi oleh lapisan Corning Gorilaa Glass 3 dan dikelilingi oleh bagian bezel berwarna hitam. Pelapis kuat ini ditujukan untuk menghindari layar dari goresan atau pecah akibat benturan ringan. Layar IPS sendiri membuat tampilan di layar bisa dilihat tanpa ada degradasi kualitas atau warna meski dilihat dari sudut yang sangat luas, hingga 178 derajat.
ASUS ZenFone 5 by Teropong Cyber
ASUS ZenFone 5

Layar In Plane Switching (IPS) kapasitif ini juga penampil warna yang baik. Zenfone 5 bisa menampilkan sampai 16 juta warna
Di bagian bawahnya terdapat plat brushed aluminium dengan pola melingkar. Memang sederhana, namun tambahan unik ini memberikan kesan premium dalam desain yang diusungnya. Layarnya bukan hanya mampu menghasilkan gambar yang cerah, kaya warna dan tajam, bagian tersebut juga sangat responsif dengan haptic feedback yang terasa memuaskan di jari. Layar tersebut anti-gores, bias diakses bahkan walaupun sedang menggunakan sarung tangan dan dilengkapi dengan sensor cahaya dan proximity sebagai bagian dari fitur automatic brightness dan Smart Saving.

Smrtphone dengan layar 5 inci ini dari sisi kepadatan dan ketajaman, layar beresolusi HD (720 x 1280)  memiliki kepadatan piksel 294 piksel per inch (ppi), cukup baik jika digunakan untuk menonton video, melihat hasil foto sampai berselancar di internet. Saat disentuh, layar pada Zenfone juga memiliki tingkat responsivitas yang tinggi yakni hanya 60ms (milidetik). Artinya, tidak ada jeda yang terasa saat  icon aplikasi diklik atau melakukan swipe atau menggeser layar.

Response time 60ms ini akan menghadirkan pengalaman yang lebih baik saat menekan tombol untuk melakukan panggilan telepon ataupun saat mengetik pesan. Dan yang pasti, pengalaman pengguna pada aplikasi gaming juga lebih sempurna. Selain responsif, layar ASUS Zenfone juga mendukung fitur Glove Mode. Jika diaktifkan, layar tersebut akan menjadi sensitif bahkan meski jari pengguna terbungkus sarung tangan. Asus ZenFone 5 ditenagai Android versi 4.3 Jelly Bean yang bisa diupgrade secara cuma-cuma langsung via customer care Asus ke Android 4.4.2 Kitkat.

Asus juga menyiapkan skin ZenUI yang memudahkan penggunanya dalam mengakses app dan kustomisasi lain di dalam smartphone. Dengan menarik dashboard, bisa langsung menuju daftar quick setting, setting umum, notifikasi hingga akses ke Smart Saving, Reading Mode, Miracast dan lain-lain.

#Camera Asus ZenFone 5
Dengan mengeluarkan uang uang tidak terlalu besar, biasanya kita akan memaklumi jika kamera diusung dengan teknologi seadanya. Tapi jangan salah, Asus malah justru cukup fokus dalam meracik kemampuan yang satu ini. Untuk kamera belakang, perangkat ini memiliki sensor 8-megapixel dengan aperture F2.0 dan penerangan LED, juga didukung teknologi BSI (back-illuminated sensor), digital image stabilization, digital zoom dan geo-tagging.
Kamera ASUS ZenFone
Bukan hanya itu, Asus telah membubuhkan teknologi PixelMaster. Dengan mengkombinasi hardware, software dan desain optik, PixelMaster dimaksudkan untuk memberikan pengguna hasil foto berkualitas prima. Dengan begitu, tombol shutter juga merespon dengan cepat.
Untuk kemampuan video sendiri, ZenFone 5 mampu merekam video berkualitas 1080p. Smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera video-chat di bagian depan dengan sensor dua-megapixel. Aplikasi kamera miliknya juga praktis dan intuitif, terdapat banyak pilihan mode instan dan kustomisasi yang lebih spesifik seperti ISO, white balance hingga exposure. Dua mode yang menjadi favorit saya adalah Low-light dan Time Rewind.

#Power-house ZenFone 5
Hardware yang dimiliki ZenFone 5 membuat banyak orang bingung. Biasanya konsumen membayar lebih mahal untuk mendapatkan jajaran perangkat keras seperti ini. ZenFone 5 ditenagai prosesor Intel Atom Z2560 berkecepatan 1,6GHz, GPU PowerVR SGX 544MP2, RAM sebesar 1GB dan memori internal yang cukup luas, 8GB. Anda diperkenankan untuk mengekspansi penyimpanan hingga 64GB dengan menggunakan Micro SD. Asus Zenfone 5 membenamkan system on chip (SoC) milik Intel Atom berarsitektur CloverTrail+.

Sekadar informasi, thread adalah inti (core) virtual untuk memroses data. Artinya, 2 inti di prosesor Atom ini mirip seperti 4 inti di prosesor smartphone sekelas lainnya. Jangan heran jika hasil pengujian perangkat yang punya prosesor ini tak kalah atau bahkan lebih baik dibanding perangkat lain yang punya prosesor 4 inti.
Asus ZenFone 5 tentu saja bukanlah smartphone terbaik yang pernah diciptakan. Tapi untuk Anda yang saat ini sedang mencari handset baru, ZenFone 5 adalah salah satu smartphone ‘price versus performance‘ terbaik yang ada di pasar lokal.

ZenFone 5, smartphone dengan layar 5 inci ini mendukung HD dan IPS+ di mana pengguna masih tetap dapat chatting meskipun sedang memakai sarung tangan. Desainnya sangat menarik, dengan ketebalan hanya 5,5 milimeter di titik tertipisnya. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah harga ‘nekat’ yang ditawarkan Asus untuk satu unit ZenFone 5. Smartphone ini hanya dibanderol Rp 2,199 juta. Itu artinya perangkat ini akan ‘mengacaukan’ pasar mainstream dan entry-level, terutama yang tadinya dipegang oleh brand-brand lokal. Siapa yang tidak mau hardware secanggih ini di harga yang ekonomis?
ZenFone 5 sendiri tersedia dalam pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, dan Twilight Purple colors. 

Asus ZenFone 6 (A600CG) - Keseimbangan Bermain dan Bekerja
Asus Zenfone 6 adalah sebuah phablet Android 4.3 bersama saudara Zenfone-nya, Zenfone 4 dan 5, bisa dibilang menggebrak pasar smartphone saat ini, dikarenakan speknya yang termasuk wah, sebut saja: prosesor Intel Atom Dual Core 2GHz, RAM 2GB dan kamera 13MP, namun memiliki harga Rp. 3.099.000, yang notabene ada di bawah pasaran perangkat dengan spek sebanding.
Asus ZenFone 6 by Teropong Cyber
Asus ZenFone 6

Layar Zenfone amat memuaskan para penikmat video atau game mobile. Karena tidak hanya besar, namun juga berkualitas. Dilapisi Corning Gorilla Glass 3, layar Zenfone diklaim ultra sensitif, sehingga bisa digunakan saat Anda menggunakan sarung tangan. Kualitas warna cukup cerah dan memuaskan mata, namun tidak sampai terjebak menjadi tidak natural. Ini dikarenakan penggunaan layar IPS pada Zenfone 6. Warna hitamnya cukup bagus, sementara layar terlihat natural, namun tetap vibrant dan enak dipandang, serta memiliki sudut pandang yang sangat baik.

ZenFone 6, smartphone dengan layar 6 inci ini dilengkapi teknologi audio SonicMaster untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang tak tertandingi. Untuk Zenfone 6, Asus membekalinya dengan kamera terbaik dibanding jajaran Zenfone lain. Dengan bukaan besar f/2.0 dan mode Low Light dengan teknologi Pixel Merging membuat Asus berani menantang ponsel lain untuk berfoto dalam gelap. Mode Low Light ini menggabungkan 4 piksel menjadi satu. Dipadu dengan algoritma optimalisasi gambar, hasil foto menjadi lebih terang. ZenFone 6 tersedia dalam pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, dan Champagne Gold colors. 

#Web Browser Zenfone
Untuk menjelajahi dunia maya, pengguna Asus Zenfone 6 dapat menggunakan Google Chrome sebagai mesin penjelajah web. Warna putih pada layar yang bagus dan natural membuat browsing relatif nyaman. Performa saat membuka website versi desktop dengan banyak konten masih cepat dan smooth. Ada beberapa fitur standar seperti Incognito, Share, Find, dan pengaturan-pengaturan standar seperti privasi, aksesibilitas,konten dan lain-lain.

ASUS ZenUI – Indah, Lancar dan Intuitif
Zenfone 4, 5 dan 6 hadir dengan platform Android versi Jelly Bean (4.3). Kendati demikian, ketiganya kelihatannya tak mau tampil sama dengan perangkat Android standar. Itulah mengapa, ASUS menanamkan ZenUI sebagai antarmuka standar di ketiga seri ini.
ZenUI sepintas mirip dengan launcher Jelly Bean atau Apex Launcher yang tersedia di Google Play. Hanya saja ada penambahan lebih banyak fasilitas di ZenUI ini. Secara total, ASUS melakukan hingga 1.000 modifikasi dari tampilan Android standar hingga menjadi tampilan yang bisa kita lihat sebagai ZenUI.
 
ASUS ZenUI  by Teropong Cyber
ASUS ZenUI
Sekilas melihat, Anda memang akan melihat antarmuka Zenfone yang jauh berbeda dengan tampilan standar Android. Icon terlihat simpel sekaligus menarik dengan warna-warni modern. Selain tampilan, Asus juga merancang ZenUI agar mudah digunakan. Ada banyak aplikasi khas yang dihadirkan ZenUI, namun enam yang menjadi andalan adalah What’s Next, Do It Later, PixelMaster, Air Link, Omlet Chat, dan Open Cloud.
ZenFone merupakan salah satu perangkat pertama ASUS yang dilengkapi dengan ZenUI, antarmuka baru khusus untuk pengguna mobile yang dikembangkan sesuai dengan konsep freedom, expression, dan connection. Dengan desain visual baru yang dibuat agar lebih efisien, dengan icon modern, tema-tema warna, animasi yang indah, ringtone dan nada notifikasi baru, serta layout yang bersih untuk demi menayangkan informasi secara jelas bagi pengguna.

ASUS ZenUI juga dilengkapi dua fitur utama, yakni What’s Next dan Do It Later yang didesain khusus untuk mempermudah pengguna dalam pengaturan sejumlah besar informasi yang diterima setiap harinya, dan memungkinkan mereka melakukan berbagai hal dengan lebih produktif.
What’s Next menempatkan informasi terkini, paling penting dan berguna pada pengguna, seperti jadwal meeting yang akan datang, pesan dan panggilan tak terjawab dari kontak VIP, cuaca di tempat tujuan, dan lain-lain pada bagian depan dan tengah lock screen, home screen dan panel notifikasi.

Do It Later membebaskan pengguna agar ia bisa fokus ke tugas yang sedang ia kerjakan, tanpa akan melupakan hal-hal penting lainnya yang perlu ia lakukan setelahnya. Jika pengguna sedang menulis email dan menerima panggilan telepon, cukup dengan satu tombol maka ia akan secara otomatis membuat reminder untuk melakukan panggilan terhadap rekan yang menghubungi. Pengguna juga bisa menyimpan hal-hal yang menarik seperti artikel, video YouTube, atau laman situs apapun untuk dilihat di lain waktu. Setiap reminder dan hal-hal yang disimpan dikumpulkan dalam aplikasi Do It Later yang terpisah serta memiliki shortcut sendiri untuk melakukan aktivitas terkait, seperti melakukan panggilan ataupun melihat situs web tadi.

PixelMaster – Foto Kelas Profesional di Setiap Waktu
Setiap ZenFone memiliki PixelMaster, sebuah teknologi kamera eksklusif ASUS yang terdiri dari berbagai fitur seperti Selfie Mode dan Depth of Field Mode yang meningkatkan performa kamera dan memudahkan pengguna untuk mengambil gambar-gambar dan video berkualitas tinggi. Dua fitur PixelMaster tambahan, yakni Low-light Mode dan Time Rewind juga hadir di ZenFone 5 dan ZenFone 6.

Low-light Mode secara signifikan meningkatkan performa kamera di kawasan yang berpencahayaan rendah. Dengan menggabungkan piksel-piksel yang tepat, kamera mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% dan kontras hingga 200% yang pada akhirnya mampu menghadirkan gambar yang terang dan jelas tanpa membutuhkan flash. Electronic Image Stabilizer (EIS) juga mampu meningkatkan performa di suasana redup untuk lebih lanjut meningkatkan hasil foto. Low-light Mode ini juga dapat dimanfaatkan saat merekam video.

Fotografi terkadang menjadi hal yang menyulitkan karena adanya pergerakan, namun Time Rewind membuat pemotretan di momen yang paling pas menjadi mudah. Dengan pengambilan beberapa gambar sebelum dan setelah pengguna menekan tombol shutter, peluang untuk mendapatkan foto sempurna pada objek yang sulit jadi meningkat. Setelah mengambil foto, pengguna bisa “kembali ke masa lalu” dengan mudah untuk memilih hasil terbaik atau juga menyimpan seluruh gambar yang telah ditangkap kamera.


Selfie Mode merupakan cara baru yang inovatif untuk mengambil potret diri (selfie) berkualitas tinggi. Selfie Mode memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie individu atau bersama dengan teman-teman menggunakan kamera utama beresolusi tinggi di belakang ponsel, bukan kamera beresolusi lebih rendah di bagian depan. Kamera dapat secara otomatis mendeteksi saat wajah-wajah yang akan difoto sudah terdeteksi dalam frame dan mulai menghitung mundur sebelum mengambil tiga foto. Setelah itu, pengguna bisa memilih foto paling bagus untuk disimpan atau dibagikan secara online.

Depth of Field Mode memungkinkan pengguna mengambil foto dengan lebih tajam. Objek di depan akan dibuat lebih tajam dan detail, sementara di belakang akan diberi sentuhan blur yang halus, atau foto yang biasa disebut oleh kalangan fotografer sebagai shallow depth of field, yang biasanya hanya bisa dilakukan menggunakan kamera kelas atas.
Dengan desain yang indah, performa yang terbaik di kelasnya, fitur yang lengkap, serta harga yang terjangkau, menjadikan ASUS ZenFone sebagai smartphone Android terbaik saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.